Jumat, 01 Juli 2011

Sampai Jumpa Lagi Surabaya..

Hari ini tanggal 01 Juli 2011 hari terakhir saya ngantor di Surabaya. Besok pagi-pagi benar saya berangkat ke Kendari ke tempat tugas yang baru. 

Begitu banyak kenangan selama bertugas di Surabaya. 5 tahun sudah Surabaya sedikit demi sedikit merubah logat Jawa Tengahan saya....menambah kosakata Jawa Timuran...
...yo' opo kabare cak?...

Ada jembatan merah, tugu pahlawan, tunjungan, siola, jembatan peneleh, jembatan jagir, pasar atom (bukan pasar yg khusus jualan bom atom maupun kacang atom ), stasiun semut (bukan tempat mangkalnya semut-semut), taman bungkul, monumen bambu runcing, monumen kapal selam, monumen jalesveva jayamahe... (kalo monumen Jogja kembali di Yogyakarta)...
Nama tempat yang unik-unik....ada Jemursari, Bendul Merisi, Kapaskrampung, Kapasan, Gayung Sari, Menanggal, Siwalankerto, Ngagel, Gubeng, Genteng, dan masih banyak nama-nama lain yang tak kalah unik... 
Dan yang paling berkesan bagi saya selama di Surabaya adalah kulinernya...kuliner Jawa Timuran tumpah ruah di Surabaya...
Ada rujak cingurnya, tahu tek, tahu campur, soto madura, rawon setan, tahu taua, soto lamongan, rujak manis pak kumis, nasi pincuk semanggi (yg satu ini mau nyoba tapi blm pernah kesampaian), pecel blitar, pecel madiuan, bebek goreng, sego sambel, tempe penyet, cakue peneleh, sate klopo, sate ponorogo, ronde biliton...dan masih banyak lagi...(nelen ludah)

Sampai jumpa lagi Surabaya...

2 komentar:

  1. Gemblongan, Slompretan, Templekan, ...
    Aku juga 5 tahun di KPP Simokerto ...

    BalasHapus
  2. wah...sama-sama alumni Surabaya..

    BalasHapus